Sepuluh Sifat Istri yang Buruk

| 30/06/2011 | & Komentar

Akhwatmuslimah.com – Apabila Anda tidak memiliki sepuluh sifat buruk ini, Anda adalah istri shalehah. Sebelas sifat buruk ini ialah :

1. Istri yang sewenang-wenang dan menguasai dalam hal pendapat serta tindakan, menyepelekan kehormatan dan kedudukan suaminya;

2. Istri yang sombong dan angkuh, mengangkat diri karena harta, kecantikan, kedudukan profesi, sosial, gelar, ijazah;

3. Istri yang berakhlak buruk dalam pergaulan dan hubungan masyarakat;

4. Istri yang egois yang hanya mementingkan diri sendiri, mengabaikan kepentingan orang lain dan tidak suka mengalah;

5. Istri yang selalu mengingkari kebaikan orang lain dan selalu berkeluh kesah, selalu menyalahkan dan mengkritik suami;

6. Istri yang materialistis, malas, kikir dan tidak mau memberi kecuali dengan mengharapkan imbalan;

7. Istri yang selalu menentang dan melawan walaupun dalam hal yang bukan kepentingannya;

8. Istri yang cerewet sehingga menyebabkab suami tidak betah di rumah;

9. Istri yang mengerjakan ibadah sunnah (shalat dan puasa sunnah), tetapi mengabaikan kewajiban-kewajiban suami-istri;

10. Istri yang royal, boros (tabdzir) penghambur harta. [ANW]

Sumber : Buku ”Hikmah dalam Humor, Kisah dan Pepatah Jilid 1-6”, A. Azim Salim Basyarahil”

 

Category: Pengembangan Diri, Pranikah, Nikah & Rumah Tangga

Komentar

  1. yuda mengatakan:

    punya istri begitu mah aq tendang jauh2 n cari lg yg baik.tu mah istri neraka namanya

  2. yuda mengatakan:

    hmm

  3. yuda mengatakan:

    tu mahh istri neraka yg harus ditendang jauh2.cari lg donk yg lbh baik msh bnyk dimuka bumi indonesia ne ko.istri bgtu prlu dimutilasi

  4. lanang mengatakan:

    gmn cr mengatasi istri seperti itu gak..??

  5. evi mengatakan:

    knp mesti istri terus sih yg disalahkan, aq yakin seorang istri itu klo berbuat seperti itu pasti ada alasannya nggak mgkn asal2n….klo ternyata suaminya mmg orang yg cuek dan tdk peduli dgn kel gmn apa mesti istrinya diam saja….nggak juga kali yg ada malah suami yg kyk gitu yg harus ditendang jauh2 krn nggak berguna bt kel.

  6. mimi mengatakan:

    semoga kelak aku tidak menjadi istri yg spt itu…Aamiiin

  7. Indah mengatakan:

    Kalau Sepuluh Sifat Suami yang buruk???

  8. hamba Allah mengatakan:

    segala sesuatu yang jadi beban buang aja,jadi kalo punya istri kaya gitu ceraikan aja…

  9. hamba Allah mengatakan:

    Rasul aja pernah bilang ampe 3 x untuk hormati ibumu, apalagi katanya ada yang bilang surga di bawah telapak kaki ibu, jadi istri memang harus selalu salah n instropeksi diri, bukan suaminya

  10. upay mengatakan:

    semoga saya tidak termasuk calon istri yg seperti itu

  11. yuli mengatakan:

    ya ALLAH mudah”an aq tidak termasuk istri seperti itu
    Maaf kan aq suami ku jika aq ada salah…

  12. hafiz mengatakan:

    Mohon ijin utk di share, semoga tambah bermanfaat. Trims

  13. NO name mengatakan:

    jangan selalu menyalahkan istri atau suami .tapi bagaimana kita harus menuntun istri dan keluarga kita kejalan yang benar dan istri juga jangan menentang perkataan suami kecuali itu keluar dari hukum agama….

  14. NO name mengatakan:

    thanks …sukses selalu

  15. ladynightingale mengatakan:

    Salam…tiada makhluk yg sempurna…melainkan Dia…

  16. Atie Dewi Nanlohy mengatakan:

    Rasanya pengabdian sbg s’orang isteri sudah habis2an tnpa mmperdulikan keinginan diri sndiri…tapi…knapa bgitu rentannya s’orang isteri sll diperslhkan…??..dan di judge durhaka…trnyata..beratt yah ingin mndpt gelar Isteri Shalihah teh geuning…walau nantinya InsyaAllah..manis buahnya…mnjd pnghuni Wal Jannah…

  17. salis mengatakan:

    mudah2an saya bukan termasuk dari bagian itu.amin

  18. hamba alloh mengatakan:

    jgn selalu menyalahkan istri,kadang suami pelit dgn tanggung jawab setiap bulan , sampai2 istri ikut membantu suami untuk berjualan demi mencukupi kehidupan sehari2.untuk kaum suami,cukupilah kebutuhan istrimu … saling terbuka dan saling memahami… insyaalloh sifat2 tersebut tidak akan terjadi …

  19. no name mengatakan:

    kalau tdk salah saya pernah mendengar ada cerita mengenai seorang istri yg cerewet dan itu terjadi pd sahabat nabi sendiri tp saya lupa namanya….ternyata beliau berkata tdk semua kecerewetan seorang istri itu tdk ada maksud dan tujuannya.selama cerewetnya itu buat kebaikan kel mk itu tdk berdosa akan ttp jk sang istri mmg cerewetnya hanya karna sifatnya itu yg tdk boleh dan berdosa. skrg klo kita punya suami yg tdk mau sholat hobinya cuma nongkrong dan minum terus sm kel cuek serta punya duit perhitungan, pertanyaan saya apa seorang istri tdk boleh bicara atau cerewet terhdp suami utk slalu mengingatkannya….apa kita sbg istri hanya berdiam diri saja menerima semua perlakuan yg ada dr suami. seorang istri kyai kondang aja tdk kuat jk diperlakukan sprt itu apalagi saya yg cuma manusia biasa yg msh jauh ttg pengetahuan agama tp perduli dgn kondisi suami….coba deh dipikirkan kembali jgn terlalu men judge istri itu sgn sikap yg buruk2.

  20. zain mengatakan:

    tapi suami senang kalo punya istri yang baik…krn menurutku cantik fisik cuman sebentar kalo pas lagi nafsu, kalo cantik hati tidak pernah pudar/awet gak kenal tua..

  21. tuticidi mengatakan:

    ambil sj hikmahnya, jdkan bhn renungan dan introspeksi diri utk mjd lbh baik, kita berpasang2an kan krn keimanan kita dan jg agar smkn dekat pd Allah. Klo semua suami yg kmdn th istrinya punya bbrp sifat spt itu lalu tdk ada upaya utk memperbaiki dan lgsg main cerai sj, ya berarti lelaki itu hanya mau enaknya, dia gak mau ada usaha memenuhi tugas sbgi suami yg slh satu tgsnya memperbaiki dan mjd teladan istri dlm hal akhlaq dan ketaqwa’an,

  22. roa mengatakan:

    Sebaik baik perhiasan dunia adalah istri shalihah ^.^

  23. yutie mengatakan:

    bagaimana dengan suami yang buruk ?

  24. iwanessa mengatakan:

    Ini hanya sepenggal pengalaman, sblm bercerai saya sebagai suami sering di bentak oleh istri, uang belanja gak pernah cukup meski di tambah terus, istri sering memukul anak, istri lebih dari sekali pergi dari rumah tanpa izin, berselingkuh dengan supir saya selama 8th…saya sbgai suami hanya bisa bersabar dan menasehati selebihnya selalu memohon petunjuk dari Allah SWT…..2 hari menjelang Ramadhan atas gugatan istri pengadilan memutuskan perceraian yang sebelumnya hakim anggota smpat mengatakan bila sy tidak mau menalak pengadilan yg akan memutuskan dengan alasan istri saya bukan perempuan baik2 dan perlu di ketahui kalau selama pernikahan saya selama 20th istri tidak pernah meminta maaf sekalipun kepada saya……mudah2an para lelaki jangan terlena dengan kecantikan wajah semata…….

  25. nova mengatakan:

    assalamualaikum..sebelumnya sy mohon maaf jika kata2 saya nanti mgkin tdk berkenan..sy fikir,disitulah mengapa laki2 dijadikan imam atau pemimpin dalam keluarga,bkan hanya bertanggung jawab secara material saja,tetapi secara moril juga..kalau sifat buruk dr istri tsb dijadikan suatu tantangan untuk menjadikan istri lebih baik ,kenapa tidak ? bukan malah dijadikan alasan untuk selingkuh atau membenarkan perilaku suami yg pastinya akan menjadi pemicu rusaknya keutuhan sebuah keluarga.Allah sj maha Pemaaf/pengampun dan masih memberikan kesempatan kepada hamba2nya smpai ajal tiba untuk memperbaiki diri..terlalu angkuh sy fikir kalau seorang suami yg terlalu cepat berfikir klu itu merupakan sifat buruk dari sang istri,lalu bagaimana dengan suami ? apakah tdk pernah ada sifat buruknya ? dan masalah hormati ibumu,bukan hanya pr suami yg harus begitu,sy fikir kita juga sebagai istri pun seperti itu terhadap orang tua kita..yg jadi pertanyaan niat awal para suami untuk mengambil kita sebagai istri itu apa? dan apakah mereka pernah berfikir,siapa yg akan mengurusnya saat mereka tua/sakit ? dengan siapa mereka akan menghabiskan sisa hidupnya? dan seperti kita lihat sendiri didalam keluarga kita ( ibu bapak kita),bukan kah kita sebagi anak melihat bahwa ibu kita yg notabenenya seorang istrilah yang merawat mereka saat mereka sakit,atau dimasa tua mereka ? dan kita jg menginginkan mereka seperti itu sampai aja memisahkan mereka bukan ?…intinya,saling instropeksi diri,merupakan salah satu jalan terbaik…

  26. wawan mengatakan:

    Ijin to share fb ya..

  27. alia mengatakan:

    maaf sebelumnya, saya bukanlah seorang istri yg soleha,saya hanya seorang istri dan seorang ibu, saya mau tanya klo suami tdk bekerja dan istri yg bekerja dari pagi hingga larut malam meninggalkan anak2, setibanya dirumah dihadapkan dg pekerjaan RT sehari-hari, apa seorang istri tdk boleh marah terhadap suami?? Tdk boleh memerintah???tdk boleh melawan?? Sedangkan dia sdh terlalu lelah bekerja seharian diluar rumah. Apa istri tsb salah??? Apa istri tsb berdosa tlah melawan suami????dan apa semua kesalahan cuma ada pada yg namanya ISTRI…..???

  28. Idha mengatakan:

    Ya allah,,smga engkau mengampuni dosa hamba t’hadap suami hamba..
    Tpi apakah seorang istri tdk bleh mrah dan skt hti,,ketika merasa tdk di p’dulikan oleh suami,merasa di biarkan,,sbg s’org istri sya skit hti..krna di saat sy btuh sosok s’org suami,suami sy tdk p’nah ada utk sy.dan hal ini bkn cma sekali atw 2 x..sy merasa tdak di anggap,tdk di hrgai sbg s’org istri.
    Ap yg hruz sy lakukan??

  29. abadi mengatakan:

    seandainya kita dapat istri yg begitu,ya sbg suami mesti kita luruskan aqidahnya dl,kalo msh tetep lom bs ya kita doakan smoga Allah berkenan merubah akhlaknya,amin…

  30. set mengatakan:

    itu sebenarnya tugas suami untuk menutupi, atau memperbaiki sifat2 tersebut. tinggal istrinya aja yang mau di tuntun sama suaminya atau tidak.

  31. nana mengatakan:

    betul sekali,istri belum solehah tdk lantas dicerai begitu saja,tp dinasehati dl,dituntun,diluruskan,,suami dan istri sama2 manusia,tempat salah&lupa,ya saling mengingatkan saja.. Saya setuju sekali bhw jangan hanya menyalahkan istri,suami&istri sama2 introspeksi,, lagipula,menjalani peran sbg istri itu tidak mudah juga,makanya suami harus ikut berperan,,jangan hanya menyalahkan.

  32. Trie poppy Azza mengatakan:

    Ya Allah smoga Engkau jauhkan kami dari sifat2 seperti itu dan jadikanlah kami istri yang solehah penyejuk hati suami dan pendidik yang baik bagi putra putri kami….Aamiin..ya Allah..Robbal Alamiin……

  33. didik mengatakan:

    semoga istri ku tdk sprt itu,,amin

  34. Once mengatakan:

    Itu cowo2 yg pada ngomong mau diceraikan istrinya klo kelakuannya buruk pasti istrinya jelek. Klo cantik pasti kalian jg g sanggup mendidik n menceraikan , liat aja.

  35. mas broer mengatakan:

    Alhamdulillah, istri q ga punya sifat2 spt itu,pd dasarnya smua manusia punya sifat buruk, tinggal kadar keburukannya sebanyak apa.yang penting mau berubah lebih baik dan saling memahami ok.