Kepala Bagai Punuk Unta

| 04/07/2011 | & Komentar

Akhwatmuslimah.com – Nabi SAW bersabda, “Wanita-wanita yang berpakaian seperti bertelanjang dan pandai merayu, rambut mereka disasak seperti punuk onta, mereka tidak masuk surga dan juga tidak mencium aromanya. Padahal aroma surga itu bisa tercium dari jarak perjalanan selama lima ratus tahun.”  (HR. Muslim)

Diriwayatkan oleh Malik dari Muslim bin Abu Maryam, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda, “Wanita-wanita yang berpakaian seperti bertelanjang dan pandai merayu, rambut mereka disasak seperti punuk onta, mereka tidak masuk surga dan juga tidak mencium aromanya. Padahal aroma surga itu bisa tercium dari jarak perjalanan selama lima ratus tahun.

Makna hadis ini saling menjelaskan dan melengkapi dengan riwayat Abu Musa al-’Asyari, bahwa Rasul saw. pernah bersabda: “Perempuan siapa saja yang memakai wangi-wangian lalu berjalan melewati suatu kaum supaya mereka mencium bau wanginya maka perempuan itu seperti seorang pezina

(HR an-Nasai, at-Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad, ad-Darimi, Ibn Khuzaimah, Ibn Hibban dan al-Baihaqi)

 

 

Dari buku Imam Al-Qurthubi dalam bukunya yang berjudul “Rahasia Kematian, Alam Akhirat dan Kiamat” dibahas bahwa dalam frasa ru’ûsuhunna ka-asnamah al-bukht al-mâ’ilah (kepala mereka seperti punuk unta yang miring) maknanya: membesarkan kepala dengan kerudung atau serban dan sebagainya yang disambungkan atau ditumpuk di atas rambut sehingga menjadi seperti punuk unta. Inilah tafsir yang masyhur untuk frasa ini. Ia bisa juga dimaknai: menarik rambut ke atas atau menata rambut sedemikian rupa sehingga seperti punuk unta. [ANW]

 

Category: Akhlaq & Kepribadian, Pengembangan Diri

Komentar

  1. roa mengatakan:

    Masya Allah, Astaghfirullah

    semoga kita dijauhkan dari hal yang demikian :’(

  2. giza mengatakan:

    Artinya kita kalau pakai jilbab/kerudung ga boleh ya dengan model seperti yg digambarkan atau yg ada di foto ini??

  3. iswanto mengatakan:

    terus gimana dong kasih tau ke mereka?

  4. fad mengatakan:

    itulah fesyen bertudung yang paling hot skrg..mohon dijauhkan dari berkeinginan sebegitu..moga akan ada perkembangan fesyen muslimah yang betul2 mgikut syarak

  5. yaneet mengatakan:

    naudzubillah…semoga dijauhkan dari hal-hal yg membuat dosa T.T

  6. ibu mengatakan:

    truz kalo rambut kita panjang otomatis kan naik keatas kalo pake keruding kalo kebawah iketnya suka lepas…gimana kan memang ngga disengaja karena panjang aja dan aga tebal rambutnya…saran dong…

  7. fitri mengatakan:

    syukron, makasih ya wat artikelnya, ana iziin copas wat keterangan di gambar yg ana bikin
    http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/299470_282748518404099_100000068599667_1174907_1093681956_s.jpg

    Jazakillah khairan ukh,,,
    (copasnya tetep pake link kok ukh)

  8. Lina mengatakan:

    Thanx sarannya ya, membaca comment ibu Jawab donk, saya juga pengen tau itu boleh atau nggak?

  9. ci mengatakan:

    klu rambut panjang&hrs digulung atau diikat, usahakan gak kelihatan ada spt benjolan gt di belakang kepala. ngikat/gulungny gak ke atas, tp ke samping. saya dl spt itu&tdk spt gambar di atas (mgkn ada jg pengaruh bahan jilbab yg digunakan, tipis tebalnya).
    Semoga bs membantu, maaf klu kurang tepat..

  10. miranda mengatakan:

    Melihat foto diatas,sepertinya yang dimaksud adalah sanggul dibalik kerudung. Menurut saya tidak ada masalah dengan sanggul,krn dlm fiqh mandi wajib pun seorang wanita dibolehkan untuk tidak melepas sanggulnya ketika mandi wajib. Asalkan bukan sanggul rambut palsu.CMIIW