Tips Cara Memakai Helm Yang Baik Bagi Jilbabers

Ilustrasi - Seorang muslimah sedang menggunakan helm. (inet)

Ilustrasi – Seorang muslimah sedang menggunakan helm. (inet)

akhwatmuslimah.com – Bagi kaum Hawa, menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas setiap hari sudah menjadi kebutuhan. Tidak terkecuali bagi perempuan muslim yang mengenakan jilbab atau kerudung.

Bagi kaum ini tetap dianjurkan untuk menerapkan ketentuan safety riding. Jangan jadikan jilbab sebagai penghalang untuk berperilaku tertib berkendara di jalan. Berikut beberapa tips menggunakan helm bagi lady bikers berjilbab supaya tetap nyaman dan aman.

  • Gunakanlah jilbab dengan model simpel tanpa banyak tambahan aksen. Sebab, pemakaian helm yang baik dan benar yakni harus pas dengan bentuk kepala dan tidak ada rongga / sela. Sehingga helm tidak mudah berubah posisi karena tertiup angin di jalan.
  • Jangan menggunakan ciput yang terlalu mancung. Sebab hal tersebut akan mengganggu saat menutup kaca helm. Termasuk mengganggu pandangan selama dalam perjalanan. Di samping itu, kondisi ciput juga akan mudah rusak.
  • Pilih variasi aksen dengan ukuran kecil yang tidak mengganjal helm di kepala. Jika anda menyukai variasi jilbab seperti bandana luar dengan aneka kembang atau bros ronce panjang di bagian belakang, sebaiknya dipakai jika sudah sampai di tempat tujuan.
  • Anda juga bisa menggunakan ciput saja untuk tampil simpel. Hal ini untuk mensiasati dalam menutupi bagian leher saat berkendara menggunakan motor. Sehingga ketentuan mendasar berjilbab tidak terabaikan.
  • Kenakan jaket dan pastikan jilbab masuk ke dalam jaket supaya tidak berterbangan diterpa angin saat berkendara. Jilbab yang berterbang akan mengganggu konsentrasi saat berkendara.
  • Pilih warna jilbab yang soft seperti warna pastel. Supaya jilbab tidak menyerap terlalu banyak sinar matahari yang bisa menimbulkan keringat pada kulit kepala. Selain itu hindari warna-warna gelap seperti hitam, karena dapat menyerap lebih banyak sinar matahari.
  • Sisa dari lipatan jilbab bisa digunakan sebagai penutup mulut dan hidung agar terhindar dari debu.

Tips tersebut disampaikan oleh Hary Trihasto Utomo, petugas Divisi Humas dan Tata Tertib Byson Owner Indonesia Club (Byonic) Karanganyar, kepada Espos, Minggu (25/8). Menurut dia, ketentuan safety riding harus diterapkan oleh semua pengguna jalan. (harianjogja.com)

Share this post

scroll to top