Muslimah Bau? Hiyyy!

Ilustrasi (prevention.com)

Ilustrasi (prevention.com)

Akhwatmuslimah.com – Suatu hari saya membaca sebuah majalah muslimah remaja, di dalamnya ada sebuah kolom kritikan yang ditulis seorang ikhwan. Si penulis complain tentang banyaknya akhwat yang tidak memperhatikan kebersihan jilbab-jilbab mereka. Ikhwan tersebut sering sekali terpaksa menahan nafas untuk menghindari “kewangian” yang menyerbak dari jilbab akhwat yang kebetulan satu angkot dengannya.

Saudariku muslimah, berjilbab bukanlah alasan bagi kita untuk males-malesan merawat diri. Jangan mentang-mentang kulit dan rambut tidak keliatan, jadi terus dicuekin ajah dan tidak pernah diurus.. Wah bahaya kan? Justru dengan berjilbab, kita seharusnya lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit plus rambut. Gak mau kan kalau ada imej muslimah itu bau? Hiyyyyy…
Dari Abu Malik Al asy’ari r.a., katanya Rasulullah saw., bersabda: “Kebersihan itu sebagian dari iman. Membaca ‘Alhamdulillah’ pahalanya sepenuh timbangan. Membaca ‘ Subhanallah wal hamdulillah’, pahalanya sepenuh ruang antara langit dan bumi. Shalat itu cahaya, sedekah itu adalah bukti, sabar itu adalah sinar. quran akan menjadi Hujah (alasan) bagimu atau alasan yang ditujukan kepadamu (HR Bukhari).

“Iya habis, kalo ke salon buat creambath atau luluran mahal sihhh”

“Yahh, gak ada waktu buat begituan di salon, lebih penting dakwah daripada ke salon begitu”

“Loh itu kan termasuk bermegah-megahan? Untuk apa bayar mahal hanya untuk urusan seperti itu?” begitu pembelaan-pembelaan sebagian muslimah yang saya terima. Memang harga-harga perawatan tubuh di salon-salon tidak bisa dibilang murah. Menurut pengamatan pribadi saya, untuk creambath rambut saja harganya berkisar antara Rp.20,000 sampai Rp.40,000. Tergantung salon mana yang kita datangi. Semakin elit salonnya, semakin membumbunglah harganya. Itu baru creambath untuk sekali datang saja. Creambath kan perlu dua kali sebulan, jadi lebih mahal donk? Terus lulurannya berapa lagi harganya? Terus ntar saya gk punya waktu untuk hal-hal yang lain donk? Terus..terus..terus…

Eitt, sabar dulu saudariku :). Sebenarnya kalau melakukan semua perawatan kulit dan rambut di salon, memang bisa gak bayar uang kos sebulan. Tapi alhamdulillah, banyak kok produk-produk perawatan kulit dan rambut di toko-toko yang harganya terjangkau dan bisa dilakukan di rumah perawatannya. Sebotol lulur kira-kira harganya Rp8.000 (terakhir saya membeli), dan itu bisa tahan kira-kira dua bulan. Lumayan kan? Produk-produk perawatan rambut siap pakai juga Insya Allah harganya masih terjangkau dan tahan lama.

Berikut adalah tips-tips dari saya tentang perawatan rambut dan kulit. Tips-tips ini adalah hasil dari pengalaman pribadi dan wawancara dengan mbak-mbak yang di salon :)

Perawatan rambut di rumah: Keramaslah rambut secara teratur, jangan lupa gunakan kondisioner sesuai dengan jenis rambut dan udara di kota tempat tinggal anda. Setelah itu gunakan tonik rambut untuk menguatkan akar dan menghindari rontok. Tumpahkan sedikit tonik di telapak tangan, kemudiat pijit-pijitlah kulit kepala anda. Mulailah memijit dari daerah depan..kemudian belah rambut menjadi beberapa bagian, sampai akhirnya seluruh kulit kepala sudah dipijit. Gunakan ujung jari bagian dalam untuk memijit-mijit. Yang perlu diingat, memakai tonik tidak perlu dalam jumlah yang banyak. Karena tonik hanya diperlukan sedikit oleh akar rambut.
Creambath biasanya dilakukan dua bulan sekali. Berguna untuk mempertahankan kesehatan rambut. Di toko-toko biasanya dijual berbagai macam jenis creambath, anda bisa pilih sesuai selera ataupun khasiat-khasiat tersendiri dari creambath tersebut.

Cara creambath: Basahi rambut, kemudian usap-usap dengan handuk kecil. Belahlah rambut menjadi dua bagian. Mulailah mengusap-usap cream creambath ke salah satu bagian rambut. Yang perlu diingat adalah cream creambath ini lebih diutamakan untuk di “apply” ke kulit kepala daripada rambut. Karena memang bagian itulah yang penting. Pijit-pijitlah kepala sembari memberi cream creambathnya. Setelah selesai, ambil handuk yang sudah direndam di dalam air hangat, kemudian balutlah rambut dengan handuk tersebut. Diamkan selama 20-30 menit (Anda dapat mengganti handuknya,jika handuk sudah terasa dingin). Terakhir bilaslah rambut dengan sampo dan kondisioner.

Perawatan Kulit.
Biasanya lulur digunakan sekali seminggu, tapi ini adalah preferensi masing-masing. Bukalah kemasan lulur anda, dan kemudian luluri keseluruh tubuh. Tunggu hingga kering, kemudian mandilah sambil memgusap-usap kulit hingga bersih.

Allah SWT sangat menekankan pentingnya kebersihan diri. Seperti tersebut dalam surat Al –Muddatstsir 4-5, “Dan bersihkanlah pakaianmu dan tinggalkan segala macam kekotoran”. Di dalam ayat yang lain, Allah menggandengkan kebersihan dengan taubat, “… sesungguhnya Allah senang kepada orang yang bertobat, dan senang kepada orang yang membersihkan diri” (QS Al-Baqarah 222). So, saudariku muslimah, ayo benahi diri kita! ? (Sha, Penghujung Ramadhan 02)

Sumber : Al izzah

Share this post

scroll to top