Ternyata Inilah Penyebab Kita Tidak Bisa Menangis Saat Membaca Al-Qur’an

Ilustrasi. (Foto : funtahfidz.wordpress.com)

Ilustrasi. (Foto : funtahfidz.wordpress.com)

Akhwatmuslimah.com – Tahukan anda, mengapa anda tidak menangis saat membaca al-Qur`an?Sampai kabar kepada Imam Ahmad bin Hanbali bahwa salah seorang muridnya selalu bangun malam dan mengkhatamkan al-Qur`an secara sempurna hingga terbit fajar. Kemudian dilanjutkan dengan sholat subuh.

Imam Ahmad (A) pun ingin mengajarkannya cara mentadabburi al-Qur`an. Datanglah ia kepada muridnya itu, kemudian berkata: “Aku dengar kamu melakukan ini dan itu..?

Muridnya (M) menjawab: “Ya”A: “Kalau begitu, coba nanti malam kamu lakukan seperti yang kemarin-kemarin kamu lakukan, tapi saat membaca al-Qur`an, bayangkan kamu membacanya di hadapanku. Atau seakan-akan aku mengawasi bacaanmu.

Keesokan harinya, datanglah si murid, dan Imam Ahmad bertanya hasilnya. Si murid menjawab: “Aku hanya bisa membaca 10 juz saja”

A: “Coba nanti malam baca al-Qur`an seakan-akan kamu membacanya di hadapan Rasulullah SAW”

Keesokan harinya si murid datang lagi dan berkata: “Ya imam, aku hanya sanggup membaca juz ‘amma saja”

A: “Nah sekarang, cobalah nanti malam kamu baca al-Qur`an seakan-akan di hadapan Allah ‘Azza wa Jalla”

Si murid pun kaget disuruh seperti ini.



Keesokan harinya, si murid datang dengan mata bengkak akibat dari menangis. Imam Ahmad pun bertanya: “Apa yang kamu lakukan anakku?”

Si murid menjawab sambil menangis: “Ya imam, demi Allah, sepanjang malam aku tidak bisa menyempurnakan bacaan surat al-Fatihah”

*****
Al-Qur`an adalah kalam Allah kepada kita.. Maka bacalah ia dengan hati, bukan hanya sekedar dengan lisan. Semoga ALLAH mengumpulkan kita di hari kiamat kelak bersama golongan hamba-hamba-Nya yang senantiasa memuliakan Al-Qur’an. Aamiin.

Sumber: lampusislam

Share this post

scroll to top