11 Bangunan Jejak Kejayaan Islam di Spanyol

Akhwatmuslimah.com – Spanyol memang negara yang unik, sebab Spanyol adalah salah satu negara  di Eropa yang pernah dikuasai bangsa Muslim. Padahal, Spanyol juga merupakan salah satu negara dengan populasi umat Katolik terbanyak di Eropa. Jadilah gereja-gereja Eropa di Spanyol bersanding dengan bangunan-bangunan kuno bergaya Islam. Apalagi arsitektur Islam di Spanyol terkenal dengan kerumitannya yang elegan sekaligus harmonis. Berikut ini 11 bangunan peninggalan Islam di Spanyol yang hingga kini masih terawat dan memiliki keindahan yang tak bisa diungkapkan lagi dengan kata-kata. Ini dia!

1. Menara Giralda (Seville)

spanyol1

 

Perjalanan kita mulai dari kota Seville yang terkenal dengan Giralda, salah satu menara terindah di benua Eropa. Menara ini dulunya adalah minaret (menara masjid) yang kini beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Seville. Menara setinggi 105 m ini selesai dibangun pada 1198 oleh arsitek Ben Ahmad Baso. Pada puncaknya dulu terdapat kubah tembaga yang kemudian runtuh akibat gempa pada tahun 1365.

sp2

 

2. Mezquita (Cordoba)



sp3

Mezquita (bahasa Spanyol untuk masjid atau mosque) adalah sebutan bagi masjid Agung Cordoba yang kini dialihfungsikan sebagai Katedral Cordoba. Awalnya, bangunan ini adalah sebuah gereja bernama Katedral Saint Vincent yang dibangun pada tahun 600. Setelah Dinasti Ummayad menaklukkan Spanyol, kaum Muslim kemudian mengubah gereja tersebut menjadi masjid. Konon ini dilakukan dengan cara damai, yaitu dengan bermusyawarah dengan umat Kristen dan membeli gereja tersebut.

Pada 987, Masjid Agung Cordoba akhirnya selesai dibangun. Keindahan pilar-pilar masjid ini digambarkan oleh penyair Muhammad Iqbal kala itu bak jajaran pohon palem di sebuah oasis di Syria. Pada 1236, kota Cordoba kembali ditaklukkan oleh tentara Katolik yang kemudian mengalihfungsikan masjid ini menjadi katedral, namun dengan tetap mempertahankan sebagian besar bentuk asli masjid tersebut.

sp4

3. Medina Azahara

sp5

Namanya yang indah berarti “kota yang menakjubkan”. Dulunya ini adalah kompleks ibu kota kekhalifahan Ummayad di tanah Andalusia yang terletak 13 km sebelah barat kota Cordoba. Konon lokasi ini dipilih karena keindahan panoramanya. Dibangun antara tahun 936-940, kompleks ini meliputi gedung pertemuan, masjid, kantor pemerintahan, barak, rumah-rumah kediaman, hingga taman. Sayangnya, kompleks ini ditinggalkan oleh umat Muslim sendiri pada tahun 1010 karena perang saudara. Akhirnya kompleks ini terbengkalai dan hanya meninggalkan reruntuhan yang masih bisa kita nikmati sekarang.

4. Alcazar (Seville)

sp6

Alcazar Seville adalah sebuah istana yang dulunya adalah benteng milik kaum Muslim di kota Seville. Hingga kini, istana ini adalah istana tertua di Eropa yang masih digunakan.

sp7

sp8

5. Alcazar (Segovia)

sp9

Jangan bingung, tak hanya ada satu Alcazar di Spanyol sebab Alcazar sendiri berarti “istana”. Alcazar Segovia adalah benteng sekaligus istana yang terletak di puncak pegunungan Guadarrama di wilayah Segovia. Keindahan istana ini telah mengnspirasi Kastil Cinderella ala Disney.

sp10

6. Aljaferia (Zaragoza)

sp11

Aljaferia adalah benteng sekaligus istana yang dibangun penguasa Muslim pada abad ke-9 hingga abad ke-11. Keperkasaan eksteriornya diimbangi dengan keanggunan interiornya.

sp12

sp13

7. Alcazar (Jerez de la Frontera)

sp14

Dibangun pada abad ke-11, dulunya ini adalah benteng sekaligus istana bagi para penguasa Muslim. Salah satu daya tariknya adalah taman berdesain Islami-nya yang sangat indah.

sp16

sp15

8. Masjid Cristo de la Luz (Toledo)

sp17

Masjid ini dibangun pada tahun 999 dan dulu dikenal dengan nama Masjid Bab al Mardum. Bentuk bangunan ini sejak berdiri hingga sekarang hanya mengalami sangat sedikit perubahan.

9. Torre del Oro (Seville)

sp18

Namanya berarti “Menara Emas”. Dulunya ini adalah menara pengawas Dinasti Almohad untuk mengawasi pergerakan di sungai Seville. Sekarang menara dekagonal (bersisi 10) ini berfungsi sebagai museum.

10. Alcazaba de Malaga (Malaga)

sp19

Alcazaba adalah sebutan bagi benteng peninggalan bangsa Moor (penguasa Muslim di Spanyol). Alcazaba berasal dari bahasa Arab “al qasbah” yang berrati benteng. Benteng ini dibangun pada abad ke-11. Pada bagian dalamnya terdapat taman dengan interior yang sangat indah.

sp20

11. Alhambra (Granada)

sp22

Ini  bangunan peninggalan Islam paling indah yang terdapat di tanah Spanyol, yaitu Alhambra. Alhambra yang berarti “benteng merah” adalah sebuah benteng sekaligus istana yang dibangun pada abad ke-10 oleh penguasa Muslim saat itu, Badis ben Habus. Bagian-bagian terindahnya antara lain Taman Generalife, Court of Lion dengan air mancurnya, dan Hall of Abencerrajes dengan langit-langitnya yang dihiasi muqarnas (hiasan serupa sarang lebah). Istana ini konon adalah objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Spanyol.

sp23

======

Sumber : mengakubackpakcker

Share this post

scroll to top