Tips Mempermudah Hafalan Al-Qur’an

Ilustrasi. (Foto : funtahfidz.wordpress.com)

Ilustrasi. (Foto : funtahfidz.wordpress.com)

Akhwatmuslimah.com – Menghafal, adalah kerja otak, bukan kerja anggota badan, ataupun mulut anda. Menghafal, tentu saja membutuhkan konsentrasi, dan untuk memfokuskan konsentrasi itu, ada banyak hal yang mendukung, dan mempengaruhinya.

Beberapa murid dan teman mengeluh, “Saya susah menghafal, saya mudah lupa, saya sulit konsentrasi”.

“Apa karena saya bodoh, apa karena saya sibuk, apa karena saya sudah tua.”

Tidak, namun karena anda tidak tahu, bagaimana cara membantu otak anda untuk menghafal.

Menghafal, adalah kerja otak kanan, bukan otak kiri. Sayangnya, pendidikan kita di Indonesia, dari mulai SD hingga SMA, kuliah pun, lebih banyak mengembangkan otak kiri sebagai indeks prestasinya.

Menghafal Quran unik,, dia tidak akan tembus pada hati yang kotor, dia tidak masuk pada tubuh yang makan makanan haram, dia juga tidak mau bersemayam di dalam jiwa yang dipenuhi nyanyian.

Jadi, lepasin dulu itu,…. baru dah,, kita ngafal !!

Cara Mempermudah Hafalan



1. Perhatikan Pola Tidur, tidurlah yang nyenyak. Sedikitnya waktu tidur bukan masalah, asal kualitas tidur anda baik.Tidurlah dalam lampu yang temaram,jangan yang terang. Itulah sebab Rosulullah SAW menyuruh kita mematikan “api” sebelum tidur. Para sahabat bahkan tidur hanya lewat setitik cahaya dari lubang.

2. Perhatikan pola makan. Jangan terlalu kenyang, terutama saat anda mulai menghafal. Makanlah makanan otak, yaitu makanan yang secara penelitian direkomendasikan untuk otak. Pisang, alpokat, dari jenis buah. Daging unggas, dari jenis lauk. Kedelai, kacang hijau dari jenis biji2an. Plus susuuuu :D ohya, satu lagi : Coklat!! yah, coklat akan membantu proses relaksasi otak.. klo banyak coklat di rumah, kirimin aku yaaaa :)

3. Pilihlah waktu yang tepat untuk menghafal, ini ada dalam note yang kemarin ding! Waktu terbaik adalah pagi hari, sebelum dan setelah Sholat Subuh, karena fikiran masih kosong dari aktifitas sementara badan masih fit setelah tidur. Terbaik kedua adalah sore hari, setelah Ashar, bahkan para mazhab empat menekankan belajar di waktu ini.Terbaik ketiga sebelum tidur, macam dongeng buat anak kecil, menghafal di waktu ini akan membawa anda pada mimpi yang indah :D

4. Olahraga otak,, hey, otak juga perlu senam loh!! Caranya, putar tangan kanan ke depan sepenuh lingkaran,jempol diatas. Putar tangan kiri kebelakang sepenuh lingkaran, jempol di atas. Lakukan bersamaan memutarnya yaaa. Lakukan sepuluh menit, setiap pagi dan petang. Loh, kayak zikir ;)

5. Hmm,, yang lebih urgen, istirahatkan otak anda dari hal hal yang tidak perlu. Possitif thinking dan bergembiralah, berfikirlah, “halah, dunia buat apa sih, paling nanti kita tinggal” Pikiran ini akan membuat anda meng-enteng-kan setiap masalah demi mem-berat-kan menghafal. Bener gak bener gak???

6. Pilih metode yang tepat untuk menghafal. Nah urusan metode ini biasanya tergantung gurunya. Guru tahfizh akan memiliki metode yang berbeda beda untuk muridnya. Ada yang menggunakan tikror (memperbanyak mengulang), klasikal (membaca bersama), dll. Selama ini belum ada standard metode menghafal, doain bunda naura mengembangkannya yah hehehhe :D

7. Sedikit bocor metode aja ya :)   :   Pakai Al Quran mushaf Utsmani, jangan yang lain. Jangan pake Utsmani terjemah, itu lo yang dipinggirnya ada terjemahnya jangaaaann !! Mengecoh fokusmu.com  Trus, baca satu halaman penuh, 3 kali saja baca yang keras yang keraaaasss :) lalu artikan satu persatu kata sampai anda tahu betul maknanya, baru tuh , hafal satu satu.  Hafalinnya jangan satu halaman langsung lah,,, setengah saja dulu, klo dah lancar, lanjutin setengah berikutnya. Begitu terus jangan bosan.

Dah ya, ini dulu lakukan. Percuma lah aku bikin note susah-susah klo anda cuman bisa baca, gak dihafal hafal Quran nya..fyuuuuuuuuuuuuuuuhh rugi !! Hidup sekali sis, menghafal dongggg. HIdup sekali hiduplah yang berarti. Raih itu prestasi terbaik, tertinggi, jangan puas yang setengah setengah Xixixixiix…..

====

Sumber : khoirotunhisan01 

Share this post

scroll to top