Masjid Sheikh Zayed, Terbesar Setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

abu-dhabi-mosque-sheikh-zayed_36868_600x450Akhwatmuslimah.com – Masjid Agung Dubai atau yang sering disebut Masjid Sheikh Zayed adalah masjid yang berdiri di dubai, UAE. Masjid ini diresmikan pada tahun 2007 mampu menampung jamaah hingga 40 ribu jamaah. 9 ribu di ruang utama dan lainnya di luar ruang utama. Masjid ini tercatat sebagai masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Nama masjid itu diambil dari pendiri dan presiden pertama Uni Emirat Arab (UAE), Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan. Pada masjid itu juga terdapat makam dari Sheikh Zayed itu sendiri. Masjid ini terdapat di antara 2 jembatan, yakni Mussafah dan Maqta. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai tempat wisata rohani.

the_sheikh_zayed_grand_mosque_by_hassam_tariq-d7r1i6z

Foto : hassam-tariq.deviantart.com

Pada saat pertama kali didirikan, masjid ini hanya diperuntukan untuk pengunjung yang beragama Islam, namun pada Maret 2008 setelah otoritas kepariwisataan Adu Dhabi meminta agar Masjid ini dibuka untuk umum dengan kepentingan mempromosikan kebudayaan dan pemahaman agama Islam maka masjid ini mulai dibuka untuk umum, namun bagi yang beragama non muslim dilarang untuk menyentuh Al-quran dan bagi wanitanya harus menggunakan penutup kepala.

sheikh-zayed-mosque-tiles_36866_600x450

Masjid ini mulai dibangun tahun 2006 dan selesai pengerjaannya tahun 2007 ini memliki luas total 24,412 m2 atau setara dengan 5 kali luas lapangan sepakbola. Masjid ini terlihat semakin megah karena diapit oleh 4 menara raksasa dengan tinggi 115 m di empat sudut. Terdapat 57 kubah di masjid ini menaungi halaman depan dan gedung utama. Kubah masjid ini dilapisi oleh marmer putih dan interior dalamnya juga dilapisi oleh marmer. Halaman majid itu juga dilapisi marmer dengan desain motif bunga dengan ukuran 17.000 m2. Diperkirakan total dana dalam pembangunan masjid ini mencapai 545 dollar AS atau setara dengan 5 trilyun rupiah.

Sheikh-Zayed-Mosque-interior-2

Setelah diresmikan pada tahun 2007, masjid ini langsung mendapatkan banyak rekor dunia. Masjid ini mempunyai Permadani terbesar di dunia yaitu dengan luas 5.627 m2. permadani tersebut langsung dibuat oleh pembuat permadani terkenal dari Iran. Permadani tersebut terdiri dari 35 ton benang wol dan 12 ton kapas, hingga berat totalnya adalah 47 ton. Pada permadani tersebut terdapat 2.26 juta jahitan tanpa putus atau hanya terdapat satu gulungan pada permadani seluas itu.

sheikh-zayed-grand-mosque-abu-dhabi_65450_990x742

Masjid ini juga mempunyai lampu gantung atau kandil terbesar di dunia, terdapat 7 kandil yang berlapis emas dan kristal swarovsky yaitu dengan diameter 10 m yang dipesan langsung dari jerman. Diameter terbesar dari kandil yang ada yaitu 10 m dengan tinggi 15 m dengan berat mencapai 9 ton. Diperkirakan harga lampu tersebut mencapai 100 milyar rupiah.

Sekian sedikit info yang dapat saya sampaikan terkait Masjid Shieikh Zayed ini. Semoga bermanfaat…

===

Sumber : wiraarsitek

Share this post

scroll to top