Innalillah, Dakwatuna dan Hidayatullah Diblokir Pemerintah

Dakwatuna dan Hidayatullah diblokir

Dakwatuna dan Hidayatullah diblokir

Akhwatmuslimah.com – Sejumlah pengguna internet terkejut saat membuka Dakwatuna.com, Senin (30/3/2015). Situs Islam yang populer di Indonesia itu tidak dapat diakses. Yang keluar adalah Internet Positif – Indonesia.

“Situs terlarang tidak dapat diakses melalui jaringan ini karena terindikasi mengandung salah satu unsur Pornografi, Judi, Phising, SARA atau PROXY. Jika anda merasa situs ini tidak termasuk ke dalam kategori diatas, silahkan menghubungi aduankonten [at] mail.kominfo [dot] go [dot] id,” demikian tampilan peringatan dalam internet-positif.orgtersebut.

Selain Dakwatuna.com, Hidayatullah.com dan belasan situs Islam lain juga tidak bisa diakses.

Dari pesan yang diterima Bersamadakwah, Internet Positif yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melayangkan surat elektronik kepada Penyelenggara ISP untuk memfilter 19 situs Islam atas permintaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). BNPT beralasan, situs-situs tersebut perlu ditutup karena merupakan situs penggerak paham radikalisme dan/atau sebagai simpatisan.

19 situs yang dimaksud oleh BNPT adalah sebagai berikut:
arrahmah.com
voa-islam.com
ghur4ba.blogspot.com
panjimas.com
thoriquna.com
dakwatuna.com
kafilahmujahid.com
an-najah.net
muslimdaily.net
hidayatullah.com
salam-online.com
aqlislamiccenter.com
kiblat.net
dakwahmedia.net
muqawamah.com
laspido.com
gemaislam.com
eramuslim.com
daulahislam.com

Pemblokiran situs-situs Islam tersebut menuai protes banyak pengguna sosial. Apalagi alasan yang dipakai oleh BNPT terhadap sejumlah situs dinilai terlalu mengada-ada. Dakwatuna dan Hidayatullah, misalnya. Kedua situs tersebut dikenal sebagai situs Islam yang tergolong moderat. Dakwatuna hanya menampilkan referensi Islam dan berita-berita nasional dan dunia Islam yang juga banyak didapati di media-media mainstream. Sedangkan Hidayatullah.com merupakan situs berita Islam di bawah naungan ormas Hidayatullah yang sudah lama diakui legalitasnya oleh pemerintah.

Dari pantauan Bersamadakwah, agaknya sebagian ISP telah memblokir situs-situs Islam tersebut sesuai arahan BNPT, namun hingga berita ini dimuat, ada pula sebagian ISP yang belum memblokir sehingga sebagaian pengguna internet masih bisa mengaksesnya. [Ibnu K/bersamadakwah]

Sumber : Bersamadakwah

Share this post

scroll to top